cari duit via internet

___

Senin, 14 Juni 2010

Plugin Wordpress

Ada beberapa jenis plugin yang banyak blogger menganggapnya sebagai jenis plugin wajib untuk setiap blog WordPress, 11 diantaranya yaitu :

1. Anti Spam

Komentar spam adalah salah satu masalah terbesar semua platform blog saat ini, tidak hanya WordPress. WordPress sendiri sudah menyediakan Akismet sebagai plugin standar untuk antispam. Tapi banyak juga yang menggunakan alternatif lain seperti Spam Karma dan WP SpamFree.

2. SEO + Pinging

Sangat banyak plugin SEO untuk WordPress, dari yang basic sampai advance, yang mengklaim bisa meningkatkan posisi blog kita di SERP. Tetapi, WordPress sendiri sudah SEO-friendly seperti kata Matt Mullenweg dan Matt Cutts. Kita cuma perlu plugin SEO yang mengaplikasikan aturan-aturan dasar SEO seperti title tag, meta tag, canonical URL, serta noindex & nofollow. Plugin SEO yang mempunyai fitur lengkap yaitu  All In One SEO Pack
 

3. Statistik & Tracking

Ada beberapa plugin yang membantu kita untuk mengecek statistik blog kita (jumlah kunjungan, query pencarian, page views, referrer, dan sebagainya) seperti WordPress.com Stats yang menggunakan WordPress.com API key dan Google Analytics for WordPress yang mengijinkan kita untuk mengatur konfigurasi dan melihat data tracking Google Analytics melalui panel dasbor.

4. RSS feed

RSS feed standar tidak menyediakan fitur khusus untuk analisis subscriber, untuk itu kita perlu memindahkannya ke layanan feed lain seperti Google FeedBurner. Plugin FeedBurner FeedSmith berguna untuk mengalihkan alamat feed default menuju alamat feed FeedBurner.
Ada lagi plugin menarik bernama RSS Cloud, yang berguna menambah kapabilitas RSS Cloud pada feed. RSS Cloud merupakan teknologi pengiriman feed baru secara real-time.

5. Navigasi

Navigasi antar halaman yang baik memudahkan pembaca untuk menelusuri setiap artikel dan meningkatkan page views blog kita. Sistem navigasi antar halaman biasanya dengan menampilkan daftar komentar terbaru, artikel terpopuler, dan artikel terkait. Kita bisa menggunakan plugin Get Recent Comments dan WordPress Related Posts

6. Mobile-friendly

Sekarang internet bisa diakses dimana saja, menggunakan alat apa saja termasuk perangkat mobile. Tentunya dukungan untuk perangkat yang satu ini diperlukan. Beberapa plugin berguna untuk membuat tampilan blog kita menjadi fit di layar ponsel, PDA, atau iPhone, seperti WordPress Mobile Edition, WPTouch dan Mobilize
 

7. Social bookmark & sharing

Social bookmarking adalah salah satu cara efektif meningkatkan traffic dan popularitas. Adanya plugin-plugin seperti Sociable!, dan TweetMeme Button memudahkan kita mem-bookmark artikel secara online dan membagikannya melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

8. Form Komentar

Fitur komentar default hanya mempunyai form komentar standar dan tidak menyediakan pilihan kepada komentator. Plugin Subscribe to Comments memberikan pilihan kepada komentator untuk berlangganan komentar selanjutnya di artikel tersebut atau tidak. Beberapa plugin komentar populer malah menyediakan banyak fitur penambah fungsionalitas form komentar, seperti: menampilkan profil komentator; voting komentar; skor komentar; social commenting melalui Facebook Connect, Twitter, atau OpenID. Plugin yang menyediakan kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya IntenseDebate dan Disqus.


9. Form kontak

Form kontak memudahkan pembaca untuk langsung mengirim pesan kepada penulis tanpa membuka email. Plugin form kontak untuk WordPress yang paling terkenal adalah cformsII dan Contact Form 7.

10. Sitemap

Sitemap seakan sudah menjadi “halaman wajib” semua website, termasuk blog. Ada dua format sitemap, XML sitemap yang lebih diperuntukkan pada mesin pencari dan (X)HTML sitemap yang diperuntukkan kepada pembaca. Plugin untuk membuat halaman kedua format sitemap tersebut adalah Google XML Sitemaps .


11. Keamanan

Selain spam, keamanan blog juga menjadi salah satu masalah serius. Beberapa plugin didesain untuk memperkuat sistem keamanan blog WordPress kita, seperti WP Prevent Author Impersonation buatan Eko Pramuyanto yang tidak mengijinkan pembaca berkomentar menggunakan identitas kita seperti username atau email; WP Security Scan untuk menyaring instalasi WordPress dari kerentanan keamanan, dan Secure WordPress untuk melindungi file-file blog kita.

_